Nasihat
Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma
عن
جابر بن عبد الله -رضي
الله عنهما- قال:
«إذَا صُمْتَ
فَلْيَصُمْ سَمْعُك وَبَصَرُك وَلِسَانُك
عَنِ الْكَذِبِ وَالْمَآثِمِ، وَدَعْ
أَذَى الْخَادِمِ، وَلْيَكُنْ عَلَيْك
وَقَارٌ وَسَكِينَةٌ يَوْمَ صِيَامِكَ،
وَلاَ تَجْعَلْ يَوْمَ فِطْرِكَ وَيَوْمَ
صِيَامِكَ سَوَاءً». المصنف
لابن أبي شيبة (8973).
“Dari
Jabir bin Abdillah radhiyallahu
‘anhuma berkata,
jika engkau berpuasa, maka puasakanlah pendengaranmu, penglihatanmu,
dan lisanmu dari dusta dan maksiat. Tinggalkanlah menyakiti pembantu.
Hendaklah engkau tenang dan tenang pada saat engkau berpuasa, dan
janganlah engkau jadikan harimu saat tidak berpuasa sama dengan hari
saat engkau berpuasa” (Mushannaf
Ibnu Syaibah
(8973)).
Penjelasan
Syaikh Abdur Razzaq hafizhahullah:
هذه
صورة مشرقة من صور التهيؤ لرمضان وذلك
أنَّ الصيام إنما شرع لتهذيب النفوس
وتزكية القلوب وتحقيق التقوى ومجانبة
الآثام وإصلاح القلوب والألسن والجوارح،
فكم هو جميل بمن أقبل عليه هذا الشهر
المبارك أن يحسن التهيؤ ليغنم خيراته.
“Ini
adalah potret yang cemerlang dari bentuk-bentuk persiapan menyambut
bulan Ramadhan, hal itu dikarenakan sesungguhnya puasa disyari’atkan
untuk melembutkan jiwa, mensucikan hati ,merealisasikan takwa,
menjauhi dosa serta memperbaiki hati, lisan dan anggota tubuh. Betapa
indahnya ketika seseorang menyambut bulan yang diberkahi ini dengan
mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menyambut bulan Ramadhan agar
memperoleh kebaikan-kebaikan yang ada di dalamnya!”
Nasihat
Ibnul Qoyyim rahimahullah
Beliau
menggambarkan keadaan orang yang berpuasa dengan baik, bahwa ucapan
dan perbuatannya harum seperti harumnya minyak wangi misk!
Beliau bertutur,
فهي
بمنزلة الرَّائحة الَّتي يشمُّها من جالس
حامل المسك، كذلك من جالس الصَّائم انتفع
بمجالسته، وأَمِن فيها من الزُّور والكذب
والفجور والظُّلم، هذا هو الصَّوم المشروع
لا مجرَّد الإمساك عن الطَّعام والشَّراب
“Maka
ucapan dan perbutannya tersebut seperti bau harum yang dicium oleh
orang yang duduk menemani pembawa minyak wangi misk! Demikianlah
orang yang menemani orang yang sedang berpuasa (dengan sebenar-benar
puasa), niscaya akan mengambil manfaat dari pertemanannya tersebut,
ia akan merasa aman dari ucapan batil, dusta, kefajiran dan
kezhaliman.
Inilah
sesungguhnya puasa yang disyari’atkan, ia tidak sekedar menahan
dari makan dan minum!” (Shahih
Al-Wabilish Shayyib,
hal. 54).
Nasihat
Ibnu Qudamah rahimahullah
Nah,
Apakah kita ingin meraih buah puasa Ramadhan kali ini seperti yang
digambarkan para Ulama rahimahumullah? Simaklah penjelasan Ibnu
Qudamah rahimahullah berikut ini!
Ibnu
Qudamah rahimahullah dalam ringkasan kitab Ibnul Jauzi
rahimahullah yang dinamakan Mukhtashar Minhajil Qashidin,
pada hal. 44, beliau menjelaskan tentang tingkatan puasa,
وللصوم
ثلاث مراتب: صوم
العموم، وصوم الخصوص، وصوم خصوص الخصوص
Dan
puasa memiliki tiga tingkatan:
-
Puasa
umum,
-
Puasa
khusus (VIP), dan
-
Puasa
super khusus (VVIP)
Beliaupun
menjelaskan satu persatu macam-macam puasa tersebut,
1.
Puasa Orang Umum
Ibnu
Qudamah rahimahullah mengatakan,
فأما
صوم العموم: فهو
كف البطن والفرج عن قضاء الشهوة
“Adapun
puasa umum adalah menahan perut dan kemaluan dari menuruti selera
syahwat (baca: menahan diri dari melakukan berbagai pembatal puasa,
seperti makan,minum dan bersetubuh).”
2.
Puasa Orang Khusus (VIP)
Ibnu
Qudamah rahimahullah melanjutkan penjelasannya,
وأما
صوم الخصوص: فهو
كف النظر، واللسان، والرجل، والسمع،
والبصر، وسائر الجوارح عن الآثام
“Dan
puasa khusus adalah menahan pandangan, lisan, kaki, pendengaran,
penglihatan dan seluruh anggota tubuh dari dosa-dosa.”
3.
Puasa Super Khusus (VVIP)
وأما
صوم خصوص الخصوص: فهو
صوم القلب عن الهمم الدنية، والأفكار
المبعدة عن الله ـ سبحانه وتعالى ـ، وكفه
عما سوى الله ـ سبحانه وتعالى ـ بالكلية
“Dan
adapun puasa super khusus adalah puasanya hati dari selera yang
rendah dan pikiran yang menjauhkan hatinya dari Allah Subhanahu wa
Ta’ala serta menahan hati dari berpaling kepada selain Allah
Subhanahu wa Ta’ala secara totalitas!”
Di
tingkat manakah kita berada???
***
Penulis:
Sa’id Abu Ukasyah
Dipublikasi ulang dari Muslim.or.id
Post a Comment