Metode Al-Qur`ān Al-Karīm dalam Memerintah dan Menyeru Hamba Allāh yang beriman (Bagian Terakhir)

Metode Al-Qur`ān Al-Karīm dalam Memerintah dan Menyeru Hamba Allāh yang beriman (Bagian Terakhir)


Allāh Ta’ālā berfirman,
وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. “Jika kamu mempersekutukan (Allāh), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi” (QS. Az-Zumar: 65).
Allāh Ta’ālā berfirman:
وَقُلْنَا يَا آدَمُ اسْكُنْ أَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَا وَلَا تَقْرَبَا هَٰذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ الظَّالِمِينَ
Dan Kami berfirman, “Hai Adam, tinggallah kamu dan isterimu di surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kalian berdua sukai, dan janganlah kalian berdua mendekati pohon ini, yang menyebabkan kalian berdua termasuk orang-orang yang zhalim. (QS. Al-Baqarah: 35).
وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ
Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai” (QS. Al-A‘rāf: 205).
أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَنْ تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الْحَقِّ وَلَا يَكُونُوا كَالَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ الْأَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوبُهُمْ ۖ وَكَثِيرٌ مِنْهُمْ فَاسِقُونَ
Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allāh dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Kitabullāh kepada mereka, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik” (QS. Al-Hadiid: 16).
Kemujaraban metode Qur`ānī ini, yaitu dengan cara memperingatkan seorang hamba agar tidak menjadi orang-orang yang bersifat dengan sifat-sifat yang tercela, pernah dirasakan manfa’at besarnya oleh Fudhail bin Iyadh rahimahullah. Dahulu beliau pernah menjadi seorang perampok yang ditakuti manusia, namun Allāh berkehendak memberi hidayah beliau, pada saat beliau hendak melakukan perbuatan kriminalnya, beliau mendengar seseorang membaca QS. Al-adīd:16 di atas, hingga seketika itu pula beliau berubah drastis, bertaubat dan mempelajari agama Islam ini dengan baik, sampai Allāh jadikan beliau sebagai salah satu dari para ulama Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang namanya disebut-sebut dalam kitab-kitab para ulama.
allallāhu wa sallama ‘alā Nabiyyinā Muammad wa akhiru da‘wānā anil amdulillāhi Rabbil ‘ālamīn.
***
Referensi:
  1. Al-Qowā’idul isān Al-Muta’alliqah bi Tafsīril Qur`ān, Syaikh ‘Abdur Rahman As-Sa’di raimahullāh.
  2. Rekaman pelajaran syarah Al-Qowā’idul isān oleh Syaikh ‘Abdur Razzāq afiahullāh.
  3. Tafsīr As-Sa’di (Quran.ksu.edu.sa/tafseer).
  4. Tafsīr Ibnu Kaīr (Quran.ksu.edu.sa/tafseer).
  5. Tafsīr Aṭ-ṭabarī (Quran.ksu.edu.sa/tafseer).
  6. Tafsīr Al-Bagawī (Quran.ksu.edu.sa/tafseer).
  7. Tafsīr Al-Qurṭubī (Quran.ksu.edu.sa/tafseer)
  8. Sittu Durar, Syaikh ‘Abdul Mālik afiahullāh.
  9. Fiqhul Asmā`il usnā, Syaikh Abdur Razzāq afiahullāh.
  10. Al-Qawā’idul Mulā, Syaikh Muammad bin āli Al-‘Uaimīn raimahullāh.
  11. Madārijus Sālikīn, Ibnul Qoyyim raimahullāh.
  12. Syar Al-Qowā’idul isān oleh Syaikh Khālid Al-Muli (http://almosleh.com/ar/index-ar-show-825.html)
  13. Uslubut Targīb wat Tarhīb fil Qur`ān (www.Islamweb.net/ramadan/index.php?page=article&id=17420)
  14. Syar ahih Muslim An-Nawawī versi library. Islamweb.net
  15. ‘Umdatul Qāri` Syar ai Al-Bukharī versi Maktabah Syamīlah.
  16. https:/Islamqa.info/ar/154245
***
[serialposts]
Penulis: Ust. Sa’id Abu Ukasyah
Sumber : Muslim.or.id

Tidak ada komentar