KURIKULUM PROGRAM “BACA KITAB & TERJEMAH”

Silver Ipad on Books


KURIKULUM PROGRAM
BACA KITAB & TERJEMAH”

Bismillah wash shalatu was salamu 'ala Rasulillah,amma ba'du:

Tujuan Pembelajaran Umum
Program “Baca Kitab & Terjemah Level Dasar” merupakan jenjang awal dari tiga level program “Baca Kitab & Terjemah”.
Secara umum level dasar ini bertujuan membekali ketrampilan dasar kepada peserta didik agar mampu membaca dan menerjemahkan teks-teks Arab ke dalam bahasa Indonesia yang nantinya dapat dipakai -secara bertahap- sebagai bekal untuk memahami Alquran Al-Karim & As-Sunnah, mendidik keluarga, serta berdakwah di tengah-tengah masyarakat, baik di dunia nyata, maupun maya (medsos/web).

Tujuan Pembelajaran Khusus :
Dengan mengikuti program “Baca Kitab & Terjemah Level Dasar” ini diharapkan peserta didik mampu:

1. Memahami skema empat langkah besar dalam membaca kitab berbahasa Arab yang skema tersebut memiliki fungsi sebagai pedoman teknik baca, koreksi bacaan, serta petunjuk teori.

2. Memahami -secara global- teori terjemah dasar dan mampu menerapkan teori tersebut dalam aktivitas penerjemahan teks Arab– Indonesia.

3. Mampu membaca dan menerjemahkan kitab-kitab dasar dan atau kitab-kitab ringan (kutaib) yang berbahasa Arab kedalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Ciri khas metode pengajaran “Baca Kitab & Terjemah Level Dasar”
Pada level dasar ini, peserta didik masih banyak “dituntun”, baik dalam membaca maupun menerjemahkan.
Dan materi dimulai dari berharokat sampai tidak berharokat, dengan tingkat kesulitan dari mudah-biasa-agak sulit.

Beda halnya dengan level menengah dan lanjutan, yang mana pada level tersebut peserta didik akan “dilepas” secara bertahap hingga mandiri, dengan tingkat materi yang biasa sampai sulit.

Materi Kurikulum “Baca Kitab & Terjemah Level Dasar”
Pada level dasar ini, materi kurikulum banyak diambilkan dari kitab-kitab tipis (kutaib) yang pada umumnya mengandung kosakata dan susunan bahasanya yang mudah/biasa.
Metodenya adalah dipilih halaman-halaman tertentu dari kitab-kitab tipis tersebut sesuai dengan tingkat kesulitannya dan variasi kosakatanya, lalu dikumpulkan menjadi paket pelajaran yang harus diselesaikan oleh peserta didik.

Namun, jika dalam perkembangannya di tengah-tengah rentang waktu tiga bulan tersebut peserta didik dinilai sudah mampu untuk mempelajari kitab-kitab yang tingkat kesulitannya menengah, maka telah disediakan beberapa halaman pilihan yang diambilkan dari kitab-kitab berikut ini :
1. Syarhul Mukhtashor (Syarh Zadul Mustaqni', karya Syaikh Sholih Al-Fauzan hafizhahullah)
2. Al-Mulakhos Syarh Kitab Tauhid, karya Syaikh Sholih Al-Fauzan hafizhahullah
3. Tafsir As-Sa'di, karya Syaikh Abdur Rahman As-Sa'di rahimahullah
4. Taudhihul Ahkam Syarh Bulughul Maram, karya Syaikh Abdullah Al-Bassam rahimahullah.
Tentunya kurikulum di atas, hanyalah sebatas gambaran rencana dan usaha kami, yang hasilnya kami serahkan kepada Allah Ta'ala.
Yang jelas kita semua tertuntut untuk bertawakal kepada Allah semata dengan benar, yaitu meliputi berdoa, usaha maksimal, dan bersandar hati kepada-Nya semata, la haula wala quwwata illa billah.
Semoga Allah Ta'ala menganugerahkan keikhlasan dan Al-Mutaba'ah li Rasulillah shallallahu 'alaihi wa sallam dan pahala amal jariyah kepada Al-Ustadz, peserta didik dan kita semua.

(Kajiantauhid.com bekerjasama dengan Pesantren Telaga Ilmu)
Donasi

Tidak ada komentar