Bimbingan Praktis Umrah (2)

white and brown concrete building during night time


Keadaan seseorang dalam memenuhi kewajiban umroh


Keadaan Pertama :
Ia memiliki kemampuan menunaikan ibadah umroh, baik kemampuan harta maupun fisik, namun ia menundanya sampai ia meninggal dunia. Maka untuk keadaan seperti ini, dikeluarkan dari harta warisannya untuk biaya umroh atas namanya (badal umroh).


Keadaan Kedua:
Ia mampu menunaikan umroh secara finansial, namun fisiknya tidak mampu menunaikannya, karena lanjut usia, atau sakit, maka ia mencari orang yang bisa menunaikan umroh atas namanya (badal umroh).
Apabila ia tidak melakukan hal itu sampai ia meninggal, maka dikeluarkan dari harta warisannya untuk biaya umroh atas namanya (badal umroh), karena untuk keadaan ini (kedua) dan pertama, maka umroh telah menjadi tanggungannya.


Keadaan Ketiga
Ia tidak mampu menunaikan umroh, baik mampu secara harta maupun kekuatan fisik, atau mampu fisiknya, namun tidak mampu hartanya, maka umroh tidak wajib baginya, dan umroh itu tidak menjadi tanggungannya. Akan tetapi jika keluarganya menunaikan umroh atas namanya, maka ia mendapatkan pahala umroh.1

Keutamaan Ibadah Umroh

Umroh merupakan salah satu amal sholeh yang paling mulia, dan termasuk bentuk mendekatkan diri kepada Allah yang paling agung.
Dengan melaksanakan umroh, Allah akan mengangkat derajat hamba-Nya, dan Allah akan menggugurkan dosa-dosa hamba-Nya.
Demikian besarnya keutamaan ibadah umroh, pantaslah apabila Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mendorong umatnya, baik dengan sabda maupun perbuatan beliau shallallahu 'alaihi wa sallam, untuk menunaikan umroh.
Diantara keutamaan ibadah umroh, yaitu:
1. Antara umrah yang satu dengan umroh yang lainnya sebagai pelebur dosa antara keduanya
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
العُمُرَةُ إلى العُمُرَةِ كَفَّارةٌ لما بينهما ، والحَـجُّ المَبْرُورُ ليس له جَزَاءٌ إلا الجَـنَّة
Antara umrah yang satu dengan umroh yang lainnya sebagai pelebur dosa antara keduanya, sedangkan haji yang mabrur balasannya hanyalah surga. [Muttafaqun 'alaih].

2. Umroh menghilangkan kefakiran dan dosa
Dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu, beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِي‏ ‏الْكِيرُ ‏خَبَثَ الْحَدِيدِ ‏وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ، وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Iringilah antara haji dan umroh, karena sesungguhnya kedua ibadah tersebut menghilangkan kefakiran dan dosa-dosa, sebagaimana alat tiup pandai besi (yang menyalakan api) menghilangkan karat besi, emas, dan perak, sedangkan haji yang mabrur balasannya hanyalah surga.[HR. At-Tirmidzi dan An-Nasa`i, shahih].

3. Umroh sebagaimana haji merupakan jihadnya kaum wanita
Diriwayatkan dari Ibnu Majah (2901), dari Aisyah radhiyallahu 'anha, beliau berkata :
قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ ؟ قَالَ: نَعَمْ ، عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لا قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ
Saya bertanya: 'Wahai Rasulullah, apakah wanita memiliki kewajiban berjihad?', Beliau menjawab : 'Ya, wanita memiliki kewajiban berjihad yang tiada peperangan didalamnya, yaitu: haji dan umroh' ”.
Berkata An-Nawawi rahimahullah dalam AL-Majmu' (7/4):
Sanadnya shahih sesuai syarat Al-Bukhari dan Muslim.”
Hadits ini dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Ibnu Majah.2

(Bersambung, in sya Allah)

1. fatwa.Islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&lang=&Option=FatwaId&Id=28369
2. https://Islamqa.info/ar/39524

(Artikel www.muslim.or.id)






Tidak ada komentar