Ringkasan Dalil Kitab Tauhid - Bab Ketiga : Barangsiapa yang bertauhid dengan sempurna, maka masuk surga tanpa hisab



BAB KETIGA :

من حقق التوحيد دخل الجنة بغير حساب

"Barangsiapa yang bertauhid dengan sempurna, maka masuk surga tanpa hisab"


A. Persamaan dengan bab sebelumnya

Sama-sama menjelaskan keutamaan Tauhid.


B. Perbedaannya dengan bab sebelumnya

Bab ini lebih tinggi tingkatan keutamaan tauhid yang dibahas daripada bab sebelumnya, karena keutamaan pada bab sebelumnya didapatkan oleh setiap Ahli Tauhid (setiap muslim), adapun keutamaan pada bab ini hanya didapatkan oleh orang-orang khusus dari umat ini, yang terkumpul dalam kelas Tahqiqut Tauhid, kelas tertinggi dalam bertauhid.


C. Faedahnya

Pembaca semakin dibawa ke sesuatu yang paling diharapkan oleh setiap Ahli Tauhid, sehingga semakin semangat menggapai status Ahli Tauhid yang sempurna dan meraih pahala terbesarnya, yaitu: masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab.


D. Dalil-dalil Bab Ketiga

Dalam bab ini terdapat 3 dalil, yaitu:


1. QS. An-Nahl : 120


Munasabah lilbab :

Barangsiapa yang bersifat dengan sifat yang empat ini, maka dia berhak masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab, sebagaimana Nabi Ibrahim 'alaihis salam mendapatkannya, walaupun tingkatan pahala antara beliau dengan selain beliau tentu berbeda, karena beliau adalah Ahli Kamal Mustahab yang sangat tinggi tingkatannya, karena beliau adalah rangking kedua Ulul 'Azmi minar Rusul setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.


2. QS. Al-Mu`minuun: 59

Munasabah llibab :

Barangsiapa yang bersih dari syirik dengan makna umum (seluruh kemaksiatan1), maka dia telah mentahqiq tauhid dan masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab. (Kelas Kamal Mustahab)


3. Hadits Ibnu Abbas radiyallahu'anhu (HR. Al-Bukhari, Muslim dan selainnya)

Munasabah llibab :

Barangsiapa yang bersifat dengan sifat yang empat ini, maka dia berhak masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab, karena dia telah mentahqiq tauhid. (Kelas Kamal Wajib dan Mustahab)

Wallahu a'lam.

1. QS. Al-Jaatsiyah :23

Donasi

Tidak ada komentar