Antara Berlebihan dan Merendahkan Orang Shalih - Kehormatan Ulama dan orang-orang shaleh serta bahayanya melanggar hak mereka (6)


Bismillah walhamdulillah wash shalatu wassalamu 'ala rasulillah, amma ba'du :

Penyebab perpecahan

Termasuk sebab terbesar perpecahan di tengah masyarakat adalah ketika sebagian kaum muslimin melanggar hak saudaranya yang seiman, dengan menodai kehormatannya, menuduhnya tanpa alasan yang dibenarkan dalam Syari'at, berprasangka buruk terhadapnya, menzholiminya, serta mengadu domba dan memecah belah.


Ancaman bagi orang yang memusuhi wali Allah

Para ulama dan orang-orang shaleh di sebuah masyararakat adalah orang-orang yang kita berprasangka baik bahwa mereka termasuk wali Allah yang dimaksud dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu :

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ اللهَ تَعَالَى قَالَ: مَنْ عَادَى لِي وَلِيَّاً فَقَدْ آذَنْتُهُ بِالحَرْبِ

Sesungguhnya Allah Ta'ala berfirman : Barangsiapa yang memusuhi wali-Ku, maka Aku nyatakan perang kepadanya! [HR. Al-Bukhari]

Saudaraku, perhatikanlah hadits mulia di atas -semoga Allah merahmati anda- bagaimana Allah membela wali-wali-Nya dan orang-orang yang dicintai-Nya serta menolong mereka.

Di sisi lain, perhatikanlah bagaimana Allah mengancam orang yang memusuhi wali-wali-Nya dengan menyatakan peperangan kepadanya.

Allah Ta'ala tidak akan membiarkan wali-wali-Nya tanpa pertolongan-Nya!

Hanya saja, tentunya pertolongan dan pembelaan Allah terhadap wali-wali-Nya terkait erat dengan sunnah kauniyyah-Nya.

Dan diantara sunnatullah adalah Allah tidak segera mengadzab orang yang memusuhi wali-wali-Nya, tentunya Allah Maha bijaksana dalam setiap keputusan-Nya.

Diantara himah tidak disegerakan adzab bagi musuh-Nya adalah Allah beri kesempatan musuh tersebut untuk bertaubat, maka jika ia bertaubat, Allah pun menerima taubatnya,

namun jika ia tetap bersikeras memusuhi wali-wali-Nya dan bahkan bertambah kezhaliman dan kesewenang-wenangannya, maka Allah biarkan mereka bergelimang dalam kezhaliman untuk sementara waktu, lalu pada saat tertentu Allah mengadzabnya dengan adzab yang keras!

Ketika itulah Allah memenangkan wali-wali-Nya dan menjadikan musuh-musuh mereka jadi kalah dan hina dina!

Siapakah wali Allah itu?

Allah Ta'ala menyebutkan syarat seseorang sebagai wali Allah dalam firman-Nya :

أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran pada diri mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ

(Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka bertakwa

[Qs. Yunus : 62-63].

Oleh karena itu sebagian ulama berkata :

من كان مؤمناً تقيّاً ، كان لله وليّاً

Barangsiapa yang beriman dan bertakwa, maka ia adalah wali Allah”

Kedudukan ulama yang shaleh :

1. Mereka adalah orang yang memiliki pengetahuan yang benar tentang Allah Ta'ala

Allah Ta'ala berfirman :

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia , Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan (yang berhak disembah)melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. [Qs. Ali-Imran : 18].

2. Ulama adalah sosok penjaga agama Islam

Allah Ta'ala berfirman :

بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ

Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu/ulama. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zhalim. [Qs. Al-Ankabut : 49].

3. Ulama adalah orang yang takut kepada Allah didasari ilmu yang benar

Allah Ta'ala berfirman :

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

Sesungguhnya yang takut (dengan dasar ilmu yang benar) kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. [Faathir : 28]

4. Ulama adalah penasehat hamba-hamba Allah

Allah Ta'ala berfirman :

وَقَالَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَيْلَكُمْ ثَوَابُ اللَّهِ خَيْرٌ لِمَنْ آَمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا وَلَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الصَّابِرُونَ

Berkatalah orang-orang yang dianugerahi ilmu/ulama: "Kecelakaan yang besarlah bagi kalian, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yang sabar". [Qs. Al-Qashash : 80].

5. Ulama adalah orang yang memiliki derajat tinggi

Allah Ta'ala berfirman :

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Niscaya Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu/ulama. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan. [Qs. Al-Mujadilah : 11].

6. Ulama adalah penjelas kebenaran sampaipun di akherat

Allah Ta'ala berfirman :

ثُمَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يُخْزِيهِمْ وَيَقُولُ أَيْنَ شُرَكَائِيَ الَّذِينَ كُنْتُمْ تُشَاقُّونَ فِيهِمْ قَالَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ إِنَّ الْخِزْيَ الْيَوْمَ وَالسُّوءَ عَلَى الْكَافِرِينَ

Kemudian Allah menghinakan mereka di hari kiamat, dan berfirman: "Di manakah sekutu-sekutu-Ku itu (yang karena membelanya) kalian selalu memusuhi mereka (nabi-nabi dan orang-orang mukmin)?" Berkatalah orang-orang yang telah diberi ilmu/ulama: "Sesungguhnya kehinaan dan adzab hari ini ditimpakan atas orang-orang yang kafir", [Qs. An-Nahl : 27].

Ulama, orang-orang shaleh (wali-wali Allah) adalah tokoh kunci dan pilar kesuksesan ummat Islam, maka barangsiapa yang berniat buruk, menzhalimi dan memusuhi mereka, berarti ia telah berusaha menghancurkan pilar dan kunci umat Islam dan upaya mematikan cahaya Islam yang diajarkan dan diperjuangkan oleh para ulama tersebut! Allah Ta'ala berfirman :

يُرِيدُونَ لِيُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَاللَّهُ مُتِمُّ نُورِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut (tipu daya) mereka, tetapi Allah (justru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir membencinya. [Ash-Shaff: 8]

Pantaslah jika kehormatan dan darah ulama serta orang-orang shaleh benar-benar menjadi target musuh-musuh Allah dari kalangan orang-orang kafir, orang-orang munafik serta orang-orang yang hasad kepada kaum muslimin!

Sejarah mencatat bahwa orang-orang yang beriman dari masa ke masa menjadi target musuh Islam dan musuh kaum muslimin!

Musuh-musuh Allah mengawali permusuhannya terhadap sebaik-baik makhluk, yaitu para nabi 'alaihimush shalatu was salam.

Musuh-musuh Allah mengalirkan darah mereka dan menodai kehormatan mereka, dan yang paling berat menerima permusuhan adalah sebaik-baik utusan Allah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, orang-orang kafir dan orang-orang munafik berusaha membunuh beliau shallallahu 'alaihi wa sallam, dan tatkala mereka tak berhasil membunuh beliau shallallahu 'alaihi wa sallam, mereka berusaha merusak kehormatan beliau shallallahu 'alaihi wa sallam, sebagaimana dilakukan oleh Abdullah bin Ubay bin Salul yang menghembuskan berita dusta yang menodai kehormatan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Target musuh-musuh Allah setelah para nabi 'alaihimush shalatu was salam adalah sebaik-baik ummat, yaitu para shahabat radhiyallahu 'anhum, dimulai dari golongan Khulafa' Rasyidin, musuh-musuh Allah pun membunuh Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu (menurut salahsatu versi), Umar Bin Al-Khathtab radhiyallahu 'anhu, Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu dan Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu.

- Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu menurut salah satu versi dibunuh dengan cara diracun1.

- Umar Bin Al-Khathtab radhiyallahu 'anhu wafat dibunuh oleh seorang majusi abu lu'luah dengan cara pengecut.

-Utsman bin Affan radhiyallahu 'anhu dibunuh oleh pemberontak.

- Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu dibunuh oleh seorang penganut aliran sesat khawarij, ibnu muljam.

Dan demikianlah dari masa ke masa. Ulama dan orang-orang shaleh menjadi target permusuhan musuh-musuh Islam dan musuh kaum muslimin!

Renungan

Jika melanggar hak dan menzhalimi kaum muslimin secara umum itu perkara yang dilarang, apalagi melanggar hak dan menzhalimi orang-orang shaleh dan para ulama mereka (wali-wali Allah), tentu lebih dilarang, karena merekalah tokoh kunci dan pilar kesuksesan ummat Islam, merekalah orang-orang yang memperjuangkan Islam, baik melalui ilmu maupun amal serta dakwah!

Disamping itu, melanggar hak dan menzhalimi orang-orang shaleh dan para ulama adalah tindakan yang disukai setan dan merupakan ciri khas perilaku musuh-musuh Allah dari kalangan orang-orang kafir, orang-orang munafik serta orang-orang yang hasad kepada kaum muslimin.

Maka wajib berprasangka baik kepada kaum muslimin secara umum, apalagi kepada orang-orang shaleh dan para ulama mereka,

oleh karena itu apabila diantara mereka ada yang terjatuh kedalam kesalahan, hendaklah kita mencari udzur permakluman, karena meski terjatuh dalam kesalahan, biasanya seorang yang benar-benar bertakwa tidak menyengaja menyelisihi Alquran dan As Sunnah dan kebenaran.

Meskipun disisi yang lain, seorang yang sholeh apalagi da'i dan ulama tentunya diharapkan benar-benar menerapkan akhlak yang santun, jujur, adil meskipun kepada orang yang membencinya dan ilmiah dalam seluruh sikapnnya serta taat kepada pemerintah kita selama tidak memerintahkan kemaksiatan.

Betapa indahnya jika masing-masing pihak memenuhi kewajiban masing-masing sehingga dengan demikian akan terpenuhi hak masing-masing pula, bukan justru sibuk dengan hak masing-masing sampai melupakan kewajiban!

Semoga Allah menjaga NKRI ini sehingga benar-benar menjadi negara yang makmur dengan rezeki tauhid, iman dan amal sholeh serta rezeki yang halal dan diberkahi-Nya. Amiin

Wallahu a'lam

Diolah dari :

https://www.alukah.net/sharia/0/95333/#ixzz6gzbbsBOy

Sumber: www.muslim.or.id

1. Ahli Sejarah berselisih pendapat sebab wafatnya Abu Bakr Ash-Ashiddiq radhiyallahu 'anhu,salah satu pendapat meneyebutkan karena diracun, sebagaimana hal ini disampaikan oleh Lajnah Daimah dalam salah satu fatwanya (shorturl.at/axEKZ)

Tidak ada komentar