FIQIH RAMADHAN (5)

 


FIQIH RAMADHAN (5)

 

Bismillah wal hamdulillah wash shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du :

TARAWIH

-    Sholat tarawih lebih utama dilakukan di masjid daripada di rumah.

-    Sholat tarawih berjamaah dirumah, apakah makmum mendapatkan pahala sholat semalam suntuk? Jawaban : Semoga dapat pahala semalam suntuk.

-    Sholat Tarawih dengan dua imam, maka makmum akan mendapatkan pahala sholat semalam suntuk jika mengikuti dua imam sampai selesai, karena imam yang kedua adalah wakil dari imam yang pertama.

-    Jumhur ulama salaf dan kholaf  berpendapat bahwa jumlah rakaat sholat tarawih boleh lebih dari 11 rakaat (tidak ada batasan rakaatnya), tapi yang afdhol 11 atau 13 rakaat sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

-    Sholat tarawih terkadang dikeraskan terkadang dipelankan.

-    Disyari'atkan do'a qunut witir pada rakaat terakhir dari sholat witir, baik sesudah (setelah membaca sami'allahu liman hamidah) atau sebelum rukuk (setelah membaca surat), namun yang lebih utama dibaca sesudah rukuk.

-    Qunut witir boleh dibaca pada keseluruhan bulan Ramadhan, atau pada setengah bulan terakhir, dan boleh juga tidak dibaca.

-    Disunnahkan mengangkat kedua tangan kedada dan merapatkan keduanya ketika do'a qunut witir, begitu pula pada qunut nazilah, karena dalam hadits shohih disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengangkat kedua tangan saat qunut nazilah pada sholat wajib dan untuk qunut witir  disamakan hukumnya.

-    Disunnahkan bagi makmum untuk mengucapkan amiin dan mengeraskannya, berdasarkan hadits hasan. Bahkan Umar radhiyallahu 'anhu pernah mengingkari makmumnya yang memelankan suara amiin.

 

LAILATUL QODAR

Keutamaan Lailatul Qodar

Beramal pada malam Lailatul Qodar lebih baik dari seribu bulan (hampir 83,5 tahun)

Waktu Lailatul Qodar

Salah satu malam dari malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Jika mampu, carilah pada seluruh malam ganjil dalam sepuluh malam terakhir (21,23,25,27,29)

Jika tidak mampu, carilah pada seluruh malam ganjil dalam tujuh hari terakhir (25,27,29)

Tanda-tanda Lailatul Qodar

Malamnya cerah, tidak panas dan tidak dingin, paginya matahari terbit tanpa sinar

 

Amalan yang dilakukan ketika malam Lailatul Qodar

Sholat malam, baca Alquran, do'a dan dzikir, dan memperbanyak membaca :

اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, yang mencintai maaf. Karna itu, berilah maaf kepadaku”. [Hadits shohih riwayat At-Tirmidzi dan selainnya]

Catatan :

Ditinjau dari sisi terkabulnya do'a pada malam Lailatul Qodar seperti malam-malam lainnya, yaitu pada sepertiga malam terakhir.


(Diringkas dari Shahih Fiqih Sunnah dan lainnya)

(Bersambung, in sya Allah)



Donasi

Tidak ada komentar