Bimbingan Praktis Umrah (4)

Kaaba, Mecca


II. Wajib umroh
Yang dimaksud dengan “wajib umroh” disini adalah perkara-perkara yang wajib dilakukan dalam ibadah umroh, yaitu:
1. Ihram dari miqot.1
2. Menggundul atau memendekkan rambut kepala.
Barangsiapa yang meninggalkan kewajiban dalam ibadah umroh dengan sengaja, maka ia diwajibkan menunaikan denda (dam), berupa menyembelih seekor kambing, atau seekor sapi untuk tujuh orang (sepertujuh sapi perorang), atau seekor onta untuk tujuh orang (sepertujuh onta perorang), dan hewan tersebut disembelih di tanah haram, serta dibagikan semuanya kepada orang-orang fakir miskin di tanah Haram, dan ia tidak boleh memakan sesembelihan tersebut sedikitpun, karena statusnya adalah denda untuk tebusan. Dan hewan-hewan sesembelihan itu haruslah terpenuhi syarat-syarat hewan kurban.2
Dalil tentang kewajiban menunaikan denda ini adalah ucapan Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu yang dikelompokkan oleh ulama kedalam hukum marfu' :
مَن ترك شيئًا من نُسُكه أو نَسِيه، فليُهْرِق دمًا

Barangsiapa yang meninggalkan suatu (kewajiban) dari ibadah (haji atau umroh)nya, atau ia melupakannya, maka hendaknya ia mengalirkan darah (hewan kurban)”.[Riwayat Imam Malik dalam Al-Muwaththo`, Ad-Daruquthni, dan Al-Baihaqi, semua perowinya terpercaya].
Atau setidaknya -menurut Syaikh Al-'Utsaimin- hukuman denda ini adalah hasil ijtihad Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu, yang berarti ini adalah ucapan seorang sahabat yang tidak diketahui ada orang (sahabat) yang menyelisihinya3.
Maksudnya : beliau berijtihad mengqiyaskan hukuman bagi orang yang meninggalkan kewajiban dari ibadah umroh/haji atas hukuman bagi orang yang melakukan keharoman dalam ibadah umroh/haji, sebagaimana terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah : 196,

وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ ۚ فَإِنْ أُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ ۖ وَلَا تَحْلِقُوا رُءُوسَكُمْ حَتَّىٰ يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهُ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ بِهِ أَذًى مِنْ رَأْسِهِ فَفِدْيَةٌ مِنْ صِيَامٍ أَوْ صَدَقَةٍ أَوْ نُسُكٍ ۚ فَإِذَا أَمِنْتُمْ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ إِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ ۚ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ فِي الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ إِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗ ذَٰلِكَ لِمَنْ لَمْ يَكُنْ أَهْلُهُ حَاضِرِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tunaikanlah sampai selesai ibadah haji dan 'umrah karena Allah. Jika kalian terkepung (terhalang oleh musuh atau karena sakit), maka (sembelihlah) hewan kurban yang mudah didapat, dan jangan kalian mencukur rambut kepala kalian, sebelum hewan kurban sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antara kalian yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu ia bercukur), maka wajiblah atasnya berfidyah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau menyembelih hewan kurban. Apabila kalian telah (merasa) aman, maka bagi siapa yang ingin mengerjakan 'umrah sebelum haji (di dalam bulan haji), (wajiblah ia menyembelih) hewan kurban yang mudah didapat. Tetapi jika ia tidak menemukan (hewan kurban atau tidak mampu), maka wajib berpuasa tiga hari dalam masa haji dan tujuh hari (lagi) apabila kalian telah pulang kembali. Itulah sepuluh (hari) yang sempurna. Demikian itu (kewajiban membayar fidyah) bagi orang-orang yang keluarganya tidak berada (di sekitar) Masjidil Haram (orang-orang yang bukan penduduk kota Mekah). Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras siksaan-Nya.

Sumber : Muslim.or.id
(Bersambung, in sya Allah)
1. Ihrom di Miqot disini maksudnya , yaitu: niat masuk kedalam ibadah umroh di Miqot, dan bukan maksudnya: memakai pakaian ihrom, karena memakai pakaian ihrom meskipun hukumnya wajib, namun pembahasannya digolongkan kedalam bab larangan-larangan saat ihrom, dan konsekwensi hukuman antara orang yang melanggar kewajiban berihrom di Miqot dan kewajiban memakai pakaian ihrompun juga berbeda.
Lihat: fatwa.Islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=331918&fromCat=1804 dan fatwa.Islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=123775
Meski demikian, ada pula yang memasukkan “Tidak memakai pakaian ihram (yang berjahit membentuk tubuh)” kedalam “Wajib Umroh” seperti dalam : fatwa.Islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=22341
2. Lihat Syarhul Mumti' : 7/436-437.
3. Lihat Syarhul Mumti' : 7/438-439.
Donasi

Tidak ada komentar